Selasa, 14 Agustus 2018

20 service yang aman untuk dimatikan demi meningkatkan performa PC

  1. Diagnostic Policy Service
Service yang satu ini biasanya berfungsi ketika kalian menemukan suatu masalah di dalam melakukan operasi apapun, kemudian service ini akan melakukan diagnosis terhadap masalah tersebut.
Pada umumnya, service ini kurang membantu dan mengingat sekarang kebanyakan dari kita lebih senang mengandalkan mesin pencarian di internet untuk menyelesaikan masalah tersebut. Jadi bukan masalah jika service ini dimatikan atau didisable.
  1. IP Helper
IP Helper hanya dipakai dalam konektifitas tunneling Ipv6. Jika kita tidak melakukan hal yang berkaitan dengan lpv6 tersebut maka service ini dapat kita matikan.
  1. Office Software Protection
Services ini muncul ketika kalian sudah menginstall aplikasi bernama Microsoft Office pada laptop/ PC kalian. Jadi bukan masalah jika kita melakukan disable terhadap service yang satu ini.
  1. Offline Files
Cara kerja dari Offline Files hampir sama seperti offline chache pada sebuah browser (Mozilla, Chrome, Opera, dll)
  1. Plug and Play
Dengan mematikan service ini kalian secara tidak langsung melindungi laptop/PC kalian dari serangan virus. Karena dengan aktifnya fitur tersebut, setiap file audio, video bahkan file.exe yang berada di dalam flashdisk maupun benda lainya yang terhubung kedalam laptop/PC kamu akan langsung terbuka. Sehingga seandainya salah satu file tersebut mengandung virus, virus tersebut akan langsung menyerang tanpa kalian membuka drive tersebut.
  1. Secondary Logon
Secondary Logon digunakan untuk Log On alternatif ketika PC maupun laptop yang kalian gunakan mengalami “Hang” atau pun masalah lainnya.
  1. Smart Card
Service ini biasanya digunakan oleh perusahaan besar untuk mengakses suatu kartu, semasih kalian tidak bekerja di suatu perusahaan besar ada baiknya dimatikan terlebih dahulu.
  1. System Event Notification Services
Services ini berfungsi untuk memberikan pemberitahuan mengenai jaringan dan maintenAnce.
  1. Performance Logs & Alerts
Berfungsi untuk mencatat log peforma komputer yang kalian gunakan dan hanya mencatat berupa log.
(Kalau service yang satu ini sih lebih baik langsung didisable aja guys!)
  1. Print Spooler
Jika PC maupun laptop kalian sering digunakan untuk melakukan aktivitas printing, sebaiknya tidak mematikan service ini. Jika tidak, kalian langsung dapat menonaktifkan service ini tanpa harus ragu.
  1. Windows Search
Services Windows Search ini berfungsi untuk indexing pada file-file yang ada pada komputer kalian. Jadi, proses pencarian file akan berlangsung lebih cepat, namun akan berdampak mengurangi peforma pada PC dengan spesifikasi seadanya.
Jadi tanpa pikir panjang lagi langsung disable ya guys!.
  1. Windows Time
Bertugas untuk sinkronisasi waktu sistem dengan waktu di internet. Jika dirasa tidak terlalu dibutuhkan, ada baiknya jika kalian melakukan disable pada service ini.
  1. Windows Error Reporting
Fungsi dari Windows Error Reporting yaitu membuat log program yang error. Jadi, apabila ada error pada suatu program, maka di sinilah tugas dari Windows Error Reporting untuk menampilkan pesan error tersebut. Jika kalian ragu, service ini masih aman untuk kalian nonaktifkan.
  1. Windows image Acquisition (WIA)
Apabila kalian sering menggunakan scanner ataupun kamera, services ini cukup penting. Namun jika kalian jarang sekali menggunakan scanner maupun kamera tersebut, maka kalian dapat melakukan disable terhadap services ini.
  1. Program Compatibility Assistant Service
Services ini berfungsi untuk menjalankan program yang membutuhkan mode “Compatibility”. Jika menurut kalian program ini tidak di butuhkan kalian dapat langsung melakukan disable terhadap service ini.
  1. Remote Desktop Service
Jika kalian termasuk pengguna tunggal terhadap PC kalian, dan tidak bermaksud untuk mengakses desktop dari tempat lain kalian dapat mematikan services ini tanpa harus memikirkannya dua kali.
  1. Remote Registry
Fungsi services yang satu ini hampir sama dengan “Remote Desktop”. Perbedaannya terletak pada penggunaannya. Pada Remote Registry berguna hanya untuk mengatur “Registry” dalam jarak jauh.
  1. Task Scheduler
Silahkan hentikan services ini apabila kalian tidak berniat untuk menjalankan “task” secara rutin/terjadwal.
  1. Windows Event Log
Ini untuk merekam semua event atau kejadian yang pernah di lakukan oleh komputer/laptop yang kalian gunakan. Biasanya service ini digunakan di saat kita ingin melakukan recovery jangka pendek terhadap PC kita. Jika menurut kalian services ini tidak terlalu penting, silahkan hentikan saja.
  1. Windows Update
Service yang satu ini tentunya akan menjadi service terfavorit untuk kalian matikan, karena dapat menghemat kouta data kalian mengingat service ini berjalan dengan sendirinya tanpa memberi notifikasi terlebih dahulu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar