Senin, 30 Juli 2018

Menyembunyikan Folder

Jika menyembunyikan satu partisi penuh terasa terlalu banyak, kamu bisa menyembunyikan folder tertentu yang kamu inginkan. Cara menyembunyikan folder dengan CMD ini lebih aman dan rahasia dibandingkan menyembunyikannya melalui klik kanan folder > Properties > centang Hidden. Jika dengan cara tersebut folder tersembunyi bisa dilihat dengan mengubah view options di File Explorer menjadi Show hidden files and folder, cara melalui CMD ini tidak bisa.
Folder yang disembunyikan melalui CMD hanya bisa dilihat daftarnya melalui CMD pula dengan command dir /ah — yang artinya lebih aman dari ketahuan oleh mayoritas orang — terlebih yang kurang familiar dengan perintah CMD.

Seperti biasa, ketikan perintah CD untuk melakukannya ubah dulu working directory ke lokasi tempat folder yang ingin kamu sembunyikan berada. Setelah itu jalankan command attrib +h +s +r namafolder


Sebagai contoh disini saya ingin menyembunyikan folder bernama hantu, setelah menjalankan command ini maka folder tersebut seperti hilang ditelan bumi.
Untuk memunculkannya lagi kamu tinggal menjalankan command attrib -h -s -r namafolder

Lupa nama foldernya? Cukup jalankan command dir /AH di working directory tersebut dan kamu bisa melihat daftar folder apa saja yang hidden didalamnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar